Jumat, 19 April 2013

Transplanting tanaman...

Bro n sis sekalian...

Transplating secara sederhana bisa diartikan sebagai pemindahan something dan pemasangan kembali dari tempat semula ke tempat yang baru. Demikian juga pada tanaman, terdapat kegiatan tranplanting atau transplantasi ini.

Transplanting pada tanaman biasanya dilakukan dari kegiatan pembibitan ke penaman di lahan. Bisa juga dilakukan terhadap tanaman yang telah tua atau agak besar untuk memindahkannya ke tempat penanaman baru. Namun pada tanaman yang telah besar memilliki resiko kegagalan yang lebih tinggi.



Ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan pada kegiatan ini agar tanaman tidak terlalu stres (tentu saja ketika tanaman dan tempat pindah telah siap), antara lain:
  1. Usahakan agar akar tanaman terbawa sebanyak mungkin. Karena akar adalah bagian untuk menunjang ketegakan tanaman, serta untuk mendapatkan hara dari tanah.
  2. Usahakan agar batang tanaman tetap lembab. Pada tanaman yang telah berumur, batang tanaman bisa kita jaga kelembabannya dengan cara membungkus batang tanaman dengan pelepah pisang.
  3. Lakukan sedikit pemangkasan pada tanaman yang kita pindah. Hal ini jika tanaman yang kita pindahkan telah berumur dan memiliki daun dalam jumlah yang cukup banyak. Pemangkasan daun ini akan membantu tanaman mengurangi kehilangan air akibat evapotranspirasi.
  4. Segera lakukan penyiraman setelah tanaman selesai dipindah.
  5. Lakukan kegiatan tranplanting pada sore hari untuk menghindari penguapan akibat sinar matahari.

Nah, dengan demikian diharapkan tanaman yang kita pindahkan tidak mengalami stress yang berat. Karena bagaimanapun, tanaman yang kita pindahkan tempat tanamnya pasti akan mengalami stress...

Semoga berguna...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes