Senin, 12 November 2012

Jambu Bol

     Hi plend, ternyata tanaman jambu air yang rasanya seger itu memiliki kerabat dekat yang rasanya juga tidak kalah dari jambu air, nama tanaman itu adalah jambu bol. Jambu air dan jambu bol ternyata masih kerabat, dan memiliki genus yang sama yaitu Syzygium. Kalau jambu air memiliki nama latin Syzygium aqueum, maka jambu bol memiliki nama latin Syzygium malaccensis.
     Konon kabarnya tanaman kerabat jambu air ini berasal dari kawasan Indocina, Malaysia, Filipina, dan juga Indonesia (tanaman asli Indonesia kah?? hehe). Tanaman ini di beberapa daerah di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda, seperti jambu ripu (Aceh), dhersana (Madura), nyambu bol (Bali), dan lain-lain.
     Pohon jambu bol bisa tumbuh sangat besar, bisa mencapai tinggi 15 meter (kalau rumah, 15 meter itu tigkat dua ya?? hehe). Bentuk kanopinya juga indah, seperti piramid, jadi meruncing di bagian pucuknya. Cabangnya sangat banyak sehingga tanaman ini tampak sangat rindang. Dan karena banyaknya cabang ini tidak hanya memudahkan kita untuk memanjatnya, namun juga bisa menyulitkan kita, dikarenakan ruang gerak kita yang akan sangat sempit terhalang cabang-cabangnya (emang ngapain kita manjat-manjat pohon ini?? hehe).
     Bunganya sangat indah plend, bentuknya seh seperti bunga jambu air, tapi warnanya itu loh yang bikin mata tidak bosan memandang. Warnanya pink, sangat cerah, sangat indah, apalai saat bunga banyak yang mekar...dan jika bunga rontok, hamparan tanah dibawah kanopi seperti tertutup hamparan bunga warna pink oleh karena lebatnya bunga tanaman ini ketika dalam periode berbunga. Nih gambarnya bunga jambu bol...


     Gimana dengan buahnya?? Buah jambu bol berukuran lebih besar daripada jambu air, dagingnya juga lebih tebal, serta lebih terasa lembut (kalau digigit itu seperti ada rasa nyess-nya, hehe). Ketika tua buah jambu bol berwarna hitam, namun ketika masih muda dia berwarna merah muda. Pada perkembangannya buah jambu bol ternyata bisa berubah warna beberapa kali plend, wuih, kayak bertransformasi aja yah... dari awalnya merah muda, kemudian putih-agak kuning-kehijauan, terus menjadi merah, dan akhirnya hitam. Nih gambar buahnya... (jambu bol jamaika), sorry, yang dokumentasi jempolnya lagi luka, hehe..

     Rasa buahnya seger plend, menurut saya rasanya tidak didominasi oleh manis, tetapi juga ada kesan asamnya. Kandungan airnya cukup banyak, dan ternyata makan buah jambu bol ini dapat mengenyangkan (karena ukurannya besar, atau karena makan dalam jumlah yang banyak?? hehe).
     Btw, gambar diatas adalah jambu bol Jamaika, dinamakan jamaika apakah mungkin karena dalam perkembangannya, tanaman ini juga banyak dikembangkan di daerah Karibia (termasuk negara Jamaika dan Puerto Rico). Nah buat plend-plend yang pada penasaran ma ni buah, silahkan mulai berburu, hunting-hunting gitu deh, hehe...
     See-ya plend...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes