Senin, 19 November 2012

Lightning

     Dear all...
Sekarang ini dua pabrikan motor di Indonesia sudah punya jagoan baru yang akan digunakan untuk mengawal kekuatan mereka di tahun 2013 yang akan datang. Pabrikan yamaha telah meluncurkan all new vixion yang pada generasi ini dilabelin nama Lightning (yang artinya kilat ya???) sedangkan pabrikan honda telah merilis produk all new yang dibanderol nama Streetfire (kalau ini artinya apa? jalan api? menurut saya artinya itu adalah api jalanan, n si motor itulah yang di ibaratkan sebagai api di jalan raya).

Nah, sekarang ngintip si Lightning dulu yuk...


Desain motor ini sama sekali lepas dari vixion lama, ya walaupun sasis dan engine-nya adalah warisan dari vixion generasi sebelumnya. Headlamp si Lightning ini sekarang menggunakan tudung (mirip motor india n new megapro), dengan dimensi yang sepertinya juga agak lebar. Diatas headlamp ini terdapat dudukan plat nopol si motor (kenapa gak ditaruh dibawah aja ya dudukan plat nopolnya??).
 


Tangki pada generasi baru ini terlihat lebih menjulang daripada vixion lama, dan tangki ini seperti terlihat hanya setengah panjang, coz di ujung depan tangki tercover oleh semacam tutup yang seakan menyambung ke shroud samping. Dan di ujung tangki inilah kunci on/off si motor berada (wuih, pertama di indonesia, sport 150cc letak kuncinya d tangki, kayak moge aja, hehe). Tutup bahan bakar yang ada di tangki sekarang udah model rata dengan tangki, jadi tidak ada bagian tutup tangki yang menjendol, hehe (suka sama yang model begini).


Body samping ke buntut beraura ramping dan lancip. Dan sepertinya desain stoplamp yang sekarang tidak lagi ditutup oleh mika bening seperti vixion lama, tapi langsung dengan mika berwarna merah (menekan cost?? hehe). Dan di buntutnya sekarang tidak terdapat behel untuk mengangkat motor waktu men-standar tengah-kan motor, pegangan itu sekarang berpindah ke bodi dimana terdapat seperti coakan yang memungkinkan kita mengangkat motor (modelnya kayak kita mengangkat pake rangka yang ada di dalam bodi gitu mgkin??).

Slebor depan lebih sporty dengan model sisi yang (menempel pada suspensi) agak panjang. Sedangkan slebor belakang terkesan lebih bergaris daripada vixion lama dengan tambahan spatbor kolong yang memeluk roda belakang.

Roda depan belakang jadi tambah melar ukurannya daripada vixion lama (demen neh sama ban tapak lebar, hehe) sehingga dapat mengurangi kesan cungkring atau kurus pada vixion lama. Kalau gak salah ban belakang si Lightning ini menggunakan ukuran 120-17. Dan pada model yang baru ini, pengereman sudah menggunakan disc brake depan belakang (pastinya lebih pakem dong dari vixion lama, hehe).

Spidometernya menggunakan kombinasi analog dan digital, dimana penunjuk speed menggunakan desain digital, sedangkan untuk penunjuk putaran mesin masih menggunakan desain analog. Dan si Lightning ini bila kunci dinyalakan on, akan ada tampilan sapaan "Hi Bro" di speedometernya (keren apa gak??hehe).

Engine atau mesinnya masih bawaan dari vixion generasi sebelumnya. Namun pada generasi Lightning ini sistem injeksinya sudah menerapkan sistem close loop sama seperti sistem injeksi honda cbr150r. Sistem yang sudah close loop ini disinyalir semakin meningkatkan akurasi pasokan bahan bakar ke mesin. Power si Lightning ini diklaim pihak pabrikan yamaha mengalami peningkatan sebesar 1,5 ps (cuma 1,5 hehe). Dan pada generasi ini, fitur kick starter dihilangkan oleh pabrikan. Hal ini menurut klaim pabrikan bahwa motor-motor masa kini dengan sistem injeksi tidak terlalu membutuhkan kick starter. Kinerja pasokan bahan bakar ke mesin juga sangat membutuhkan tenaga aki atau batrei. Selain itu dengan hilangnya kick starter berkurang juga jumlah part yang bergessekan didalam mesin motor tersebut (cbr150 juga g ada kick starternya ya???).

Nah sekarang tinggal berapa rupiah ini motor bakal dilego?? Kabar-kabarnya seh sekitar 1jt lebih mahal daripada vixion sebelumnya (di kisaran 23 koma sekiang juta dong??). Btw kira-kira lebih cakep mana daripada vixion-ku??hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes