Jumat, 04 Januari 2013

Carbon Cleaner

pren..

Pas servis motor kemaren secara tiba-tiba dan tak terduga, saya mencoba mengaplikasikan Carbon Cleaner lansiran Yamaha bermerek Yamal**e Carbon cleaner. Carbon cleaner secara harfiah dapat diartikan sebagai pembersih karbon (ya iyalah, nak sd aja tau, hehe). Berarti benda ini digunakan untuk membersihkan karbon, emang karbon apaan yang dimaksud?? Apakah kertas karbon untuk membuat pengetikan rangkap itu? hehe..


Ternyata karbon yang dimaksud adalah sisa pembakaran yang ada di silinder/blok mesin. Maklum bro, katanya setiap pembakaran pasti akan menghasilkan kerak atau kotoran karbon.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan carbon cleaner kedalam bensin. Kalau merk yang ini kayakna berisi 75 ml untuk dicampurkan kedalam 5-6 liter bensin. Setelah bercampur bensin, zat aktifnya (kalo ga salah PEA = Poly Ether Amine) akan menuju ke ruang pembakaran melalui injektor (untuk motor injeksi).

Yang bikin bingung, ntar kalau sudah bekerja, dan kerak karbon dalam blok bersih (dalam bayangan saya keraknya mrotoli, hehe) lalu akan dikeluarkan lewat mana keraknya?hhehe...

Yang penting usahanya kita untuk menjaga tunggangan senantiasa terawat :)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes