Senin, 18 Maret 2013

visiting mekarsari

hai sob...

beberapa waktu kemarin saya dtraktir (ehm, terima kasih buat yang udah nraktir, ^_^) berkunjung ke mekarsari. kalau tidak salah mekarsari ini berlokasi di daerah cileungsi bogor. mekarsari ini kabarnya adalah proyek prestisius mantan presiden soeharto yang ingin mengumpulkan plasma nutfah tanaman dari seluruh indonesia. mekarsari diresmikan presiden soeharto pada tanggal 14 oktober 1995.
sampai di mekarsari, memasuki lobi, kita dapat menemukan sebuah patung. patung ini adalah patung dari ibu tien soeharto. mungkin keberadaan patung ibu tien adalah karena kecintaan presiden soeharto pada beliau. di mekarsari ini, kita bisa keliling kebun dengan beberapa paket, perbedaan dari tiap paket sepertinya hanya pada incipan/tester produk dari mekarsari aja. di mekarsari sepertinya juga ada paket outbond untuk anak sekolah maupun umum, karena waktu berkunjung kesana, ada grup dari sekolah tk yang berkunjung rombongan.

setelah membeli tiket, kita akan dibawa keliling kebun dengan menggunakan kereta (hasil modifikasi dari mobil kayakna). keretanya unik, gandeng dua dengan warna yang cerah. dan saat berkeliling, kita akan dipandu oleh pemandu yang akan menjelaskan kepada kita tentang tanaman-tanaman yang ada di mekarsari.


sambil berkeliling, kita juga akan di ajak berhenti di beberapa spot untuk merasakan tester produk dan bisa juga untuk belanja produk. spot pertama adalah rumah melon, disini mereka membudidayakan melon yang disebut dengan golden mekarsari. dirumah melon ini juga saya mendapatkan sebuah produk olahan berupa sari/sirup/jus buah yang dikemas dalam botol berukuran kecil.

setelah dari rumah melon, kita akan diajak berhenti lg di spot tanaman yang sedang berbuah, kali ini saya berhenti di tanaman salak dan belimbing. di mekarsari terdapat banyak koleksi tanaman, seperti durian, jambu bol, mangga, srikaya, kelengkeng, nangka, sukun, asam, jambu air, dan banyak juga yang lainnya (agak lupa :P)



yang membuat kita betah, mungkin adalah karena hijaunya taman mekarsari ini sob. sepanjang mata memandang banyak ditumbuhi oleh pohon yang rindang. landskap juga tertata denga rapi. menambah kesan sejuk taman mekarsari.

buat anda yang ingin memiliki koleksi tanaman, di mekarsari juga terdapat spot yang menjual bibit berbagai macam tanaman :)     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes