Senin, 26 November 2012

Streetfire

     Met siang mas-bro...

Nah, jika yamaha sudah punya Lightning, maka honda juga gak mau ketinggalan untuk mengenalkan punggawanya di kelas sport 150cc. Yup, di tahun 2013 yang akan datang honda sudah berencana untuk memasarkan motor baru sport150 cc yang dilabel dengan nama Streetfire.

Honda memposisikan motor ini sebaga senjata utamanya untuk melawan kedigdayaan vixion. Dalam 3 tahun terakhir (atau 5 tahun sejak kemunculannya - vixion pertama muncul tahun 2007) vixion memang sudah mampu untuk menggemparkan jagad motor batangan di Indonesia. Tak kurang dari megapro, tiger, thunder menjadi korban dari 'wow' nya motor vixion ini. Gimana tidak wow bro?? generasi awal vixion sudah dibekali dengan sasis deltabox (twinspar, satu-satunya di kelas naked sport 150 cc Indonesia) yang sudah pasti menawarkan kestabilan handling dalam berkendara. Mesin berpendingin cairan yang tentu saja optimal dalam mengontrol suhu mesin. Sistem suplai bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi sehingga lebih presisi dalam mensuplai bahan bakar kedalam mesin (apalagi di vixion baru sudah ditanamkan O2 sensor di sistem injeksinya). Selain itu itu rim ukuran 17 juga menjadi awal dari trend penggunaan rim 17 di motor-motor sport generasi sekarang. Apalagi sekarang update vixion Lightning juga menyertakan rem cakram depan belakang, plus ban yang lebih gambot yang ostosmastis membuat tampilan vixion Lightning lebih gagah.

Honda sudah mencoba melawan dengan menelurkan New Megapro, namun apa daya, jagoan honda ini tidak mampu untuk melawan moncernya penjualan vixion, bahkan dalam beberapa waktu terakhir jagoan honda itu juga sudah mulai tersaingi penjualannya oleh yamaha byson. Rasa penasaran dan gregetan honda pada vixion inilah yang kemudian menyuntik semangat honda untuk meluncurkan jagoan mereka yang baru untuk melawan vixion, maka (dung...dung...dung...suara genderang, hehe) lahirlah honda cb150r Streetfire...


Motor ini (menurut opini penulis) adalah 'wow' atau memiliki desain yang membuat orang atau konsumen menjadi melirik. Meskipun desain-nya tidak menawarkan sesuatu yang baru (seperti kunci on/off vixion Lightning yang pindah di tangki, atau sapaan 'Hi Bro' di speedometer vixion Lightning) namun secara keseluruhan desain motor ini sudah OK (meskipun banyak pengamat yang menyatakan bahwa desain honda Streetfire ini sangat mirip atau serupa dengan vixion lama).





 Headlamp mirip-mirip dengan new megapro, namun desain headlamp cb150r ini menurut saya lebih tajam dan lebih menarik. Speedometer juga sudah menggunakan kombinasi digital dan analog, namun desainnya yang bulat-bulat menjadikannya kurang menarik dibandingkan speedometer vixion Lightning. Tangkinya bagus dengan tambahan shroud samping yang ukurannya pas (shroud-nya mirip vixion lama ya???). Namun sayangnya tutup tangkinya masih mengadopsi model lama, yaitu model jendol, beda dengan vixion Lightning yang tutup tangki sudah rata dengan tangkinya.


 
Tail atau buritan berdesain lancip dan ramping, desainnya juga seirama dengan body depan. Hal ini membuat honda Streetfire cukup eyecatching. Rangka honda Streetfire ini berbeda dengan motor-motor sport honda sebelumnya. Jika motor honda mulai dari generasi gl-max, gl-pro, megapro, maupun tiger menggunakan rangka tubular, maka honda Streetfire ini sudah mengaplikasikan rangka truss-frame atau teralis-frame.

Gimana dengan mesin-nya bro?? Kabarnya honda Streetfire ini dicangkok dengan mesin dari klan CBR, tepatnya CBR150. Namun belum diketahui apakah murni mesin cbr150 atau ada penurunan spek (downgrade). Sepertinya seh spek downgrage karena limit rpm Streetfire lebih rendah daripada cbr150. Lagipula jika murni menggunakan mesin cbr150, gimana perasaan orang-orang yang sudah beli cbr dengan harga yang mahal jika ternyata mesinnya yang premium itu nemplok di kelas sport naked yang ditujukan untuk kelas mid-end.

Di bagian kaki-kaki sayangnya honda Streetfire  ini tidak dibekali ban ukuran besar. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk menekan beban yang harus ditanggung mesin. Dengan ukuran ban yang tidak terlalu besar diharapkan performa Streetfire ini tidak terlalu jauh ketinggalan dengan sang kakak yaitu honda cbr 150. Pengereman depan belakang sudah menggunakan rem cakram (disk-brake).

Nah, jika diposisikan untuk menghadapi vixion Lightning, sebaiknya berapa duit motor ini harus dibandrol?? Harusnya seh tidak jauh-jauh dengan vixion Lightning. Karena jika terlalu mahal, maka usaha honda untuk menjegal vixion Lightning akan menjadi sangat berat...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Followers

Featured Posts Coolbthemes